Laurensia Suvarna Sutera Elementary School Parent’s Guidebook
6
KURIKULUM
Sekolah Santa Laurensia Suvarna Sutera menyakini bahwa belajar berlangsung
sepanjang hayat. Oleh karena itu, Santa Laurensia menerapkan kurikulum
pembelajaran yang bersifat holistik, integratif, dan bermakna. Proses pembelajaran
berpusat pada siswa dengan menekankan pendekatan konstruktif dan mendorong
siswa untuk melakukan eksplorasi guna mengembangkan daya imajinasi, penalaran,
sikap kritis, dan kreativitas. Pengembangan daya nalar dilandasi pembentukan
karakter yang dijiwai oleh iman untuk membantu siswa agar tumbuh dan berkembang
menjadi pribadi yang utuh dan berintegritas. Sekolah menekankan berkembangnya
daya nalar, karakter pribadi yang baik, dan kecakapan hidup secara terpadu sehingga
siswa berkembang secara optimal dan mampu mengatasi pelbagai tantangan yang
dihadapi.
Sekolah membangun lingkungan dan fasilitas yang mendukung pencapaian kurikulum
tersebut secara maksimal dengan tetap memperhatikan keunikan dan kebutuhan
setiap siswa.
Penilaian
Sistem penilaian yang digunakan untuk mengukur kemajuan siswa merupakan
penilaian proses. Dalam sistem penilaian ini tercakup penghargaan terhadap unsur
usaha, sikap, dan Tingkat pemahaman siswa.Pada dasarnya, penilaian dibagi menjadi:
1. Tes Formatif
Penilaian ini terdiri dari:
a. Ulangan Tertulis (quiz, ulangan harian).
b. Penilaian Performa (penilaian dilakukan dari unjuk kerja siswa dalam
diskusi, debat, presentasi, melakukan percobaan, laporan,menulis jurnal,
dan sebagainya).
c. Projek (berupa riset, drama, atau sejenisnya).
2. Tes Sumatif atau Ulangan Umum
Merupakan tes yang dilaksanakan pada akhir semester untuk mengukur tingkat
pemahaman siswa dalam satu semester.
Program Remedial
Sekolah menetapkan standar keberhasilan atau ketuntasan belajar pada setiap mata
pelajaran. Siswa yang tidak mencapai standar ketuntasan belajar dibantu melalui
program remedial.
Remedial diberikan setelah jam pelajaran sekolah. Guru akan mengirimkan formulir
persetujuan keikutsertaan remedial kepada orang tua.