Laurensia Suvarna Sutera Junior High School Parent’s Guidebook
7
setiap
siswa.
Siswa
didorong
untuk
mengeksplorasi
minat
mereka
dan
mengembangkan bakat mereka melalui kegiatan akademis dan ekstrakurikuler,
termasuk bidang Seni dan Musik untuk menumbuhkan kreativitas dan ekspresi diri,
bidang Olahraga dan Pendidikan Jasmani dengan mempromosikan gaya hidup sehat
dan sekaligus mengembangkan keterampilan kerja tim dan kepemimpinan. Demikian
juga kegiatan Community Service kita laksanakan untuk memupuk rasa tanggung jawab
sosial dan keterlibatan pada masyarakat.
Penilaian
Sistem penilaian yang digunakan untuk mengukur kemajuan siswa, merupakan
penilaian proses belajar siswa. Dalam sistem penilaian ini tercakup unsur usaha, sikap,
dan tingkat pemahaman siswa. Pada dasarnya, penilaian dibagi menjadi:
1. Tes Formatif
Penilaian ini terdiri dari:
a. Penilaian tertulis.
b. Penilaian performa.
c. Proyek (dapat berdiri sendiri atau terintegrasi dalam kelompok mata pelajaran).
2. Tes Sumatif
Merupakan tes yang dilaksanakan pada tengah maupun akhir semester untuk
mengukur tingkat pemahaman siswa dalam satu term/semester, terdiri dari
penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester.
PEMBENTUKAN KARAKTER DAN KEPEMIMPINAN
Pembentukan karakter dilakukan dengan kegiatan-kegiatan yang dirancang untuk
membantu siswa agar makin mampu menanggapi berbagai kesempatan dan
tantangan secara sadar dan bertanggung jawab sehingga membentuk pola sikap, pola
pikir, dan tindakan sebagai pribadi terpelajar yang beriman, berintegritas, dan peduli
terhadap lingkungan.
Upaya pembentukan karakter dan penanaman nilai-nilai kehidupan ini dilakukan
secara terpadu dalam proses pembelajaran yakni antara lain melalui cara kerja dalam
pembelajaran, pembiasaan-pembiasaan dalam bersikap dan bertindak, dan didukung
dengan kegiatan-kegiatan untuk memfasilitasi siswa agar memperoleh pengalaman
langsung yang mendorongnya untuk melakukan tindakan secara bertanggung jawab
dan berpikir reflektif untuk menginternalisasikan makna dan nilai-nilai kehidupan.